Geliat Insan Air Minum Daerah

PERPAMSI dan para anggotanya telah melakukan langkah tepat dengan menyediakan pelatihan-pelatihan mandiri untuk peningkatan kapasitas SDM di lingkungan BUMD AM.

Kesadaran tentang pentingnya peningkatan kualitas SDM juga dimiliki oleh insan air minum di daerah. Sejumlah Pengurus Daerah (PD) PERPAMSI juga tidak ketinggalan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan  peningkatan kapasitas SDM,  seperti yang dilakukan PD PERPAMSI Sumatera Utara, akhir Januari 2022. 

Penulis: Rois Said

Bekerja sama dengan YPTD Pamsi, diklat berbasis kompetensi ini bahkan tidak hanya diikuti  peserta dari Provinsi Sumatera Utara. Sejumlah tukang ledeng dari provinsi tetangga juga ikut menjadi peserta. Total ada 25 peserta dari 13 BUMD AM yang berada di sekitar wilayah Sumatera Utara. Dalam kesempatan itu, Ketua PD PERPAMSI Sumut Kabir Bedi percaya diri menggelar diklat tersebut karena sudah sesuai dengan amanat Peraturan Menteri PUPR Nomor 

15 Tahun 2018 Tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) Bidang SPAM.

Kabir Bedi juga menekankan, PD PERPAMSI Sumut sangat mendukung kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi kerja para karyawan penyelenggara SPAM. Karena itu, ia menargetkan pada tahun 2022 akan menggelar minimal dua kali diklat tingkat Muda, satu kali tingkat Madya, plus diklat ToT atau training of trainer. 

Semangat yang sama juga  ditunjukkan PD PERPAMSI Kalimantan Utara yang pada pertengahan tahun 2022 menggelar in house training seKalimantan Utara di Tarakan. Kegiatan  ini diikuti para karyawan dari empat  BUMD AM kabupaten/kota dengan total  37 peserta.

Menurut Ketua PD PERPAMSI Kaltara  Masdi, peningkatan kompetensi SDM  adalah salah satu prioritasnya. Pada  gelaran in house training kali ini, para  peserta dibekali berbagai pengetahuan  teknis, mulai program penurunan  kehilangan air atau non-revenue water  (NRW), pengenalan produk kimia, dan  perawatan genset. Materi dibawakan  oleh para ahli dari Perumdam Tugu Tirta  Kota Malang. 

PD lainnya juga tak mau ketinggalan  menyelenggarakan in house training  berbasis kompetensi, yakni PD  PERPAMSI Sulawesi Utara tanggal 2427 Oktober 2022, PD PERPAMSI Papua dan Papua Barat tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2022, PD PERPAMSI Gorontalo tanggal 1-4 November