2022, PD PERPAMSI NTT tanggal 7-10 November 2022, PD PERPAMSI Maluku tanggal 14-17 November 2022, PD PERPAMSI Kepulauan Babel tanggal 21-24 November 2022, dan In House Training Manajemen Air Minum Tingkat Muda PD PERPAMSI Maluku Utara tanggal 28 November hingga 1 Desember 2022. In house training yang digelar di tujuh PD ini diikuti sekitar 223 peserta karyawan BUMD AM.

Kebutuhan kolektif
Dua contoh kegiatan peningkatan  SDM tersebut menunjukkan bahwa kualitas SDM kini sudah menjadi kebutuhan kolektif di kalangan insan perairminuman. Terbukti, bukan hanya PERPAMSI—baik pusat maupun 

Saya tahu, PERPAMSI mempunyai pelatihan mandiri yang ditujukan untuk para anggotanya. “ Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR                         

daerah—yang berkepentingan  menggelar kegiatan pelatihan. Pada level BUMD air minum sendiri, banyak yang merasa perlu menggelar pelatihan.

Salah satunya seperti yang dilakukan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda. Manajemen Tirta Kencana menggelar Diklat Manajemen Air Minum Berbasis Kompetensi Tingkat Dasar Angkatan ke-15. Diklat digelar secara inhouse bekerja sama dengan YPTD-PAMSI selama tiga hari, 14-16 Februari 2022.

Maraknya kegiatan pelatihan terkait peningkatan SDM yang ditunjukkan 

oleh PERPAMSI dan anggota-anggotanya  mendapat apresiasi dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Menurut Basuki, PERPAMSI dan para anggotanya telah melakukan langkah tepat dengan menyediakan pelatihan-pelatihan mandiri untuk peningkatan kapasitas karyawan di lingkungan BUMD air minum. “Saya tahu, PERPAMSI mempunyai pelatihan mandiri yang ditujukan untuk para anggotanya. Untuk itu, silakan menggunakan laboratorium kami di Bekasi. Mudah-mudahan itu sudah berkolaborasi juga dengan PDAM,” ujar Menteri PUPR. Semangat! 

Program Beasiswa PERPAMSI

dan Poltek AKA Bogor

Tahun 2022 ini PERPAMSI bekerja sama dengan Poltek  AKA Bogor telah melaksanakan Program Beasiswa D1 Analis Kimia. Program ini diikuti oleh 27 peserta yang merupakan para karyawan dari berbagai BUMD AM di seluruh Indonesia. Perkuliahan program ini dilakukan mulai Februari hingga November 2022.

Perkuliahan terdiri dari pembelajaran secara daring, praktikumdi Balai Teknik Air Minum (BTAM), uji kompetensi, praktik kerja lapangan di BUMD AM, dan diakhiri wisuda yang dilaksanakan pada 19 November 2022.

Peserta dalam program ini, selain mendapatkan ijazah D1 dari Poltek AKA Bogor, juga mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai seorang laboran. Program ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pegawai BUMD AM yang kompeten dalam bidang analis kimia atau yang bekerja di bagian laboratorium.

Kabar baiknya, program D1 Analis  Kimia ini akan dilanjutkan di tahun  

Para peserta program beasiswa praktek di laboratorium BTAM di Bekasi.

2023. Kesepakatan kelanjutan program ini telah ditandatangani oleh Ketua Umum PERPAMSI L. Ahmad Zaini dan Ketua Poltek AKA Bogor Henny Rochaeni di acara Indonesia Water Forum (IWF) 2022 pada 5 Oktober lalu. “Jadi, bagi para tukang ledeng yang berminat, ikuti terus informasi dari PERPAMSI untuk seleksi tahun 2023,” ujar Danang Pidekso, PIC program.  AZ